Saturday 7 March 2015

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah sebuah kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi intgrasi pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja dengan sumber daya manusia uuntuk mencapai sasaran perorangan, organisasi, dan masyarakat (Filippo, 1996). Dalam Simamora (1995:3) filosofi yang terkandung dalam konsep Sumber Daya Manusia ini adalah :
1.   Karyawan dipandang sebagai suatu investasi yang jika dikembangkan dan dikelola dengan baik serta efektif akan memberikan imbalan bagi organisasi dalam bentuk produktivitas yang lebih besar.
2.  Manajer membuat berbagai kebijakan, program, dan praktik yang memuaskan, baik bagi kebutuhan ekonomi maupun bagi kepuasan pribadi karyawan.
3.  Manajer menciptakan lingkungan kerja yang di dalamnya para karyawan didorong untuk mengembangkan dan menggunakan keahlian serta kemampuannya semaksimal mungkin.
4.    Program dan praktik personalia diciptakan dengan tujuan agar terdapat keseimbangan antara  kebutuhan karyawan dengan kebutuuhan organisasi.
Aktivitas yang berkaitan dngan manajemen Sumber Daya Manusia secara umum meliputi (Sunyoto,2012) :
1.    Rancangan organisasi
2.    Staffing
3.    Reward system, tunjangann-tunjangan dan pematuuhan
4.    Manajemen performasi
5.    Pengembangan pekerja dan organisasi
6.    Komuniksai dan relasi publik
Departemen Sumber Daya Manusia dalam tugasnya melayani karyawan, manajemen dan organisasi, karena umumnya departemen ini dibentuk untuk membantu unit-unit organisasi lainnya. Tujuannya tidak lepas dari menyeimbangkan tantangan-tantangan dari organisasi, fungsi Sumber Daya Manusia, mayarakat dan orang-orang di lngkungan yang terpengaruh. Jika gagal maka organisasi gagal mencapai tujuannya dalam mencapai kinerja tertentu, angka laba, dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Adapun tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia meliputi empat wilayah (Simamora, 2004):
1. Tujuan sosial : Organisasi diharapkan dapat meningkatkan kualitas masyarakat dan membantu memecahkan masalah sosial
2.    Tujuan organisasional : Membantu organisasi mencapai tujuannya
3.  Tujuan fungsional : Mempertahankan kontribusi departemen Sumber Daya Manusia pada  tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
4.    Tujuan pribadi : individu dalam organisasi dapat mencapai tujuan individu melalui aktivitas di organisasinya

Kesimpulan dari penjelasan diatas adalah bahwa Manusia merupakan aset dalam sebuah perusahaan yang bila di kembangkan secara terus menerus akan menambahkan nilai tambah pada perusahaan itu sendiri. Selain itu juga Manajemen Sumber Daya Manusia berfungsi untuk menyeimbangkan antara tujuan perusahaan dengan tujuan individu agar dapat berjalan bersamaan.

No comments:

Post a Comment